Visitors : 10.398.652
Users Registered : 71.644

AKTUARIS

Sebuah profesi di bidang keuangan yang tidak terlalu familiar bagi banyak orang. Profesi ini adalah ahli Matematika, Akuntansi dan Statistika dimana dalam lingkup kerjanya, seorang aktuaris akan memprediksi kejadian apa saja yang dapat menimbulkan permasalahan pada bisnis dan keuangan.

Profesi aktuaris biasanya bekerja di perusahaan asuransi jiwa guna memberikan edukasi mengenai bagaimana cara mengantisipasi beberapa hal di masa depan yang dapat menimbulkan dampak bagi perusahaan secara finansial. Profesi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan keuangan, seperti bank, investasi, asuransi jiwa, pensiunan dan lain sebagainya.

Tidak banyak orang yang mengenal profesi ini, oleh karena itu profesi ini bisa dikatakan sangat menjanjikan jika kalian ingin mulai menekuninya. Untuk mendapatkan gelar aktuaris atau Fellow Society of Actuaries of Indonesia (FSAI) diberikan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) setelah orang tersebut  menempuh 10 mata ujian yang diujikan.

Selain itu profesi ini terbukti sangat diperlukan oleh beberapa perusahaan asuransi jiwa maupun pengelola dana pensiun.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 426/KMK.06/2003 BAB III Pasal 16, perusahaan asuransi jiwa harus mengangkat seorang aktuaris sebagai aktuaris perusahaan yang memiliki kualifikasi sebagai aktuaris dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) atau asosiasi sejenis dari luar negeri yang terdaftar sebagai anggota penuh International Association of Actuaries.

Wooww, kayaknya buat kalian yang jago masalah hitungan, profesi ini bisa jadi alternatif pilihan untuk kalian ya guys..

Selamat memilih karir di masa depan..

 

#SUKSESHargaMati

 

 

Referensi :