AKUNTAN

Adakah diantara kalian yang suka hitung menghitung masalah keuangan? Sepertinya profesi ini cocok deh guys. Cekidot yaa ..!!

Akuntan, mungkin sering kita dengar profesi ini di berbagai kesempatan, sebuah profesi yang menggunakan keahlian untuk manangani bidang akuntansi, termasuk bidang pekerjaan akuntan publik, akuntan internal yang bekerja pada perusahaan industri, keuangan atau dagang, akuntan yang bekerja di pemerintah, dan akuntan sebagai pendidik.

Seorang akuntan memiliki tugas dan tanggung jawab mengenai laporan keuangan di sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan. Artinya, segala sesuatu mengenai keuangan seperti pencatatan bulanan dan tahunan, menentukan anggaran pengeluaran, gaji karyawan dan lain sebagainya adalah tugas dari seorang akuntan.

Untuk menekuni profesi ini, kalian harus masuk ke jurusan akuntansi ya guys, dari sekian banyak jenis akuntan, mungkin kalian akan memilih satu diantara empat jenis akuntan di Negara ini :

  •          Akuntan Publik

Adalah jenis akuntan independen yang memiliki izin dari menteri keuangan untuk menjalankan tugasnya dalam menyelesaikan perihal keuangan sebuah perusahaan Swasta, BUMN atau Instansi pemerintah yang berkaitan dengan laporan pajak atau laporan keuangan bulanan dan tahunan serta pengawasan dalam menjalankannya.

 

  •          Akuntan Internal

Adalah jenis akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Akuntan ini disebut juga akuntan perusahaan. Jabatan tersebut yang dapat diduduki mulai dari Staf biasa sampai dengan Kepala Bagian Akuntansi atau Direktur Keuangan. Tugas mereka adalah menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan kepada pihak-pihak eksternal, menyusun laporan keuangan kepada pemimpin perusahaan, menyusun anggaran, penanganan masalah dan perihal perpajakan.

 

  •          Akuntan Pemerintahan

Akuntan yang bekerja disebuah instansi pemerintahan seperti badan pengawas keuangan dan pembangunan (BPKP). Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) adalah Lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan yang berupa Audit, Konsultasi, Asistensi, Evaluasi, Pemberantasan KKN serta Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hasil pengawasan keuangan dan pembangunan dilaporkan kepada Presiden selaku kepala pemerintahan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan kebijakan-kebijakan dalam menjalankan pemerintahan dan memenuhi kewajiban akuntabilitasnya. Hasil pengawasan BPKP juga diperlukan oleh para penyelenggara pemerintahan lainnya termasuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam pencapaian dan peningkatan kinerja instansi yang dipimpinnya.

 

  •          Akuntan pendidik

Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi, melakukan penelitian dan pengembangan akuntansi, mengajar, dan menyusun kurikulum pendidikan

akuntansi di sebuah perguruan tinggi negeri maupun swasta.

 

Gimana, tertarik untuk menekuni profesi ini?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

 

#SUKSESHargaMati

 

 

 

 

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Pengawasan_Keuangan_dan_Pembangunan

https://elsaoktaviana.wordpress.com/2013/01/24/akuntan-sebagai-business-leader/