NAKHODA

sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, potensi untuk mendapatkan profesi di bidang kelautan tentu terbuka lebar ya guys. Salah satunya profesi sebagai nakhoda. Peran nakhoda sangat vital dan penting dalam sebuah kapal, dibutuhkan keterampilan tertentu agar dapat mengendalikan kapal yang sedang berlayar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak inginkan.

Pertama, mari kita bahas mengenai tugas seorang nahkoda kapal dulu ya guys. Nahkoda adalah pemimpin yang paling berkuasa di sebuah kapal, bertugas membawa sebuah kapal dalam pelayaran, baik itu dari pelabuhan satu menuju ke pelabuhan yang lainnya. Nakhoda adalah yang paling bertanggung jawab atas keselamatan para penumpang. Seorang nakhoda harus memiliki kemampuan leadership/memimpin yang baik, selalu memastikan kelengkapan kapalnya dengan baik dan sempurna sehingga membuat kapalnya layak untuk melaut (Seaworthy).

Nakhoda kapal juga bekerja sebagai penegak hukum di atas kapal saat pelayaran. Jika terjadi tindak kriminal di dalam kapal, nakhoda memiliki kewenangan untuk  menahan atau mengurung tersangka, membuat BAP, mengumpulkan bukti-bukti serta menyerahkan tersangka ketika sudah mencapai daratan terdekat. Pada intinyanya Nakhoda kapal adalah posisi paling tinggi ketika kapal sudah berlayar di atas laut.

Komando atau perintah seorang Nakhoda adalah perintah absolute dan mutlak, oleh karena itu pendidikan yang dibutuhkannya pun tidak main-main lho guys. Untuk pendidikan setingkat SMA saja ada Sekolah Kejuruan Pelayaran dengan waktu tempuh pendidikan selama 3 tahun, mencakup satu tahun praktek berlayar.

Untuk tingkat lebih lanjut ada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, pendidikan sarjana dan magister. Selain itu, ada beberapa serifikat yang harus dimiliki oleh seorang nakhoda, kurang lebih ada 10 sertifikat termasuk lisensi International Maritime  Organization.

 Profesi ini sangat menjanjikan untuk masa depan lho guys, terlebih jika kalian bekerja untuk kapal atau perusahaan asing. Woooow, luar biasa penghasilannya..

Jika kalian berminat menekuni profesi ini, silahkan cari sekolah tinggi pelayaran yang kalian suka ya guys..

Selamat memilih karir di masa depan.

 

#SUKSESHargaMati

 

 

Referensi : Sumber Gambar :

http://rpdnautical.blogspot.com/2010/03/tanggung-jawab-seorang-mualim-nakhoda.html