WARTAWAN

Buat kalian yang suka mantengin TV seharian, pastinya pernah lihat acara berita doongg..

Yap betul, banyak banget acara berita yang menyajikan berbagai informasi yang sangat bermanfaat buat kita ketahui. Tentunya kita perlu tahu dong siapa yang berjasa dibalik berita tersebut.

Cekidot deh!

 

Wartawan, itulah profesi yang sangat berjasa dalam sebuah pemberitaan di sebuah media baik itu telivisi maupun media cetak. Tugas wartawan adalah mencari berita ke berbagai macam tempat lho guys, baik itu di luar maupun dalam kota. Lebih hebatnya lagi, wartawan bisa mencari berita hingga dini hari, alias ketika orang lain sedang menikmati mimpi indahnya, mereka tetap bersemangat mencari berita yang ke esokan harinya harus disiarkan dan dipublikasikan oleh media.

Seorang wartawan akan menyusun, mengolah dan mengemas berita tersebut dengan ringkas agar para penonton atau pembaca dapat dengan cepat menangkap inti dari dari berita tersebut.

Kerennya lagi, profesi ini juga di akui oleh undang-undang lho guys..

Dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 1996 Pasal 1 dan 3 juga dengan jelas disebutkan bahwa:

"Kewartawanan ialah pekerjaan/ kegiatan/ usaha yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan dan penyiaran dalam bentuk fakta, pendapat, ulasan, gambar-gambar dan lain-lain sebagainya untuk perusahaan, radio, televisi dan film"

 

Intinya wartawan itu adalah seorang jurnalis, bukan reporter ya guys, reporter itu adalah orang yang meliput dan menyiarkan sebuah berita baik secara langung (live) maupun tidak langsung (recording). Seorang wartawan memiliki kode etik yang sangat luar biasa, banyak peraturan yang harus ditaati oleh seorang wartawan guna mendapatkan berita yang faktual, aktual dan bermanfaat bagi para penikmat berita.

Gimana, sudah ada gambaran mengenai profesi wartawan? Buat kalian yang menyukai kerja lapangan dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan suka nulis, kayaknya boleh juga tuh. Untuk memperdalam ilmunya, kalian bisa melanjutkan studi di jurusan Broadcasting atau Ilmu Komunikasi. tapi dari jurusan lain pun bisa kok, jadi tenang aja okey.

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

 

#SUKSESHargaMati

 

 

Referensi : Sumber Gambar :

https://lkscreativestudio.files.wordpress.com/2011/08/reporter.jpg