PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Teman-teman, kalau kita bicara masalah edukasi atau pendidikan, pasti kalian langsung berpikir tentang sekolah, kelas, atau universitas sebagai lembaga pendidikan formal. Tau gak sih, pendidikan itu kan gak hanya pendidikan formal, tapi juga pendidikan non formal. Nah lho, apa itu? Simply, pendidikan non formal itu ya kayak kursus, pelatihan, paket A,B,C, dan pendidikan lainnya di luar setting pendidikan formal. Untuk menjadi tenaga pendidik luar sekolah, ada kuliahnya juga, lho! Jurusannya adalah Pendidikan Luar Sekolah. Penasaran? Nih baca dulu dong ^^

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah biasanya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan atau Fakultas Pendidikan. Jurusan ini menyiapkan para ahli pendidikan yang memiliki kemampuan akademik dan professional untuk merencanakan, mengembangkan, dan mengelola kegiatan atau program pendidikan luar sekolah. Biasanya mahasiswa pendidikan luar sekolah memiliki banyak sekali praktikum untuk memberikan pelatihan dan pelajaran non formil kepada masyarakat maupun anak-anak jalanan.

Untuk menjalani kuliah di jurusan ini, kalian perlu memiliki jiwa dermawan, rasa sosial yang tinggi, kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan dan lain sebagainya. Karena jika tidak, kalian tidak akan enjoy menjalani segala kegiatan yang ada di dalam jrurusan ini. Untuk mengetahui apakah jurusan ini cocok dengan minat dan pribadi kalian, kalian bisa menggunakan program TES ONLINE bidikmasadepan.com ya guys. Biar ga salah pilih jurusan.. okey !!!

Nantinya, gambaran mata kuliah yang akan kamu pelajari selama perkuliahan diantaranya adalah Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Manajemen Pendidikan, Sosio-Antropologi Pendidikan, Etika Pendidikan, Filsafat Pendidikan, Pendidikan dan Pembangunan, Pendidikan NonFormal dan Informal, Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Kecakapan Hidup dan Pelatihan Kerja, Metode dan Praktik Kesejahteraan Sosial, Andragogi (Teori Belajar Orang Dewasa), dll.

Sebagai lulusan jurusan PLS ini, kamu akan menjadi tenaga pendidik yang dapat memberdayakan masyarakat di luar sistem pendidikan persekolahan.

Gimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati