EKONOMI PEMBANGUNAN

Kalau ngomongin soal kuliah di jurusan Ekonomi, pembagiannya apa aja sih menurut kamu? Akuntansi dan Manajemen doang? Eitss, ada lagi lho ternyata, yaitu jurusan Ekonomi Pembangunan. Let’s find it out!

 Jurusan Ekonomi Pembangunan atau bisa juga disebut Ekonomi Studi Pembangunan ini merupakan percabangan dari ilmu ekonomi. Fokus kajiannya bukanlah ekonomi secara mikro (dalam lingkup kecil) atau secara makro (dalam lingkup besar atau pemerintahan), tapi berfokus pada pembangunan atau sistem dari ekonomi itu sendiri agar menghasilkan kemajuan ekonomi secara efisien bagi masyarakat. Ekonomi Pembangunan juga merupakan ilmu yang didalamnya mencakup pengetahuan-pengetahuan mengenai perubahan struktur, sikap hidup, dan kelembagaan ekonomi.

Cakupan mata kuliah dari jurusan ini terdiri atas Pengantar Ekonomi Mikro, Pengantar Bisnis, Pengantar Akutansi I, Manajemen, Matematika Ekonomi Keuangan, Statistika I, Statistika II, Pengantar Sistem Informasi, Pengantar Ekonomi Makro, Pengantar Akutansi II, Ekonomi Mikro I, Ekonomi Makro I, Ekonomi Keuangan, Akutansi Keuangan, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Mikro II, Ekonomi Makro II, Dll. Melalui perkuliahan-perkuliahannya, kamu tidak hanya dituntut untuk bisa menghitung atau menghafalkan konsep tapi juga harus memiliki kemampuan yang tinggi dalam daya analisis dan keterbukaan terhadap kondisi lingkungan masyarakat. 

Sebagai lulusan jurusan Ekonomi Pembangunan, kamu memiliki prospek kerja di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), atau di lembaga BUMN lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menjadi dosen, guru, analis data, analis pasar, analis bisnis, atau analis keuangan. Wow, keren banget kan?

Bagaimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati