TEKNIK NUKLIR

Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata nuklir? Apakah kamu akan langsung mengkaitkannya dengan bom? Oow, padahal pengertian dan pemaknaan nuklir tidak sesempit itu lho. Kata Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI), nuklir adalah sesuatu yang berhubungan dengan atau menggunakan inti atau energi atom. Keren gak tuh? Jurusan kuliahnya juga ada lho guys. Namanya Teknik Nuklir. Simak ulasannya yaa..

Sesuai dengan arti nuklir yang dijelaskan sebelumnya, Teknik Nuklr ini sebenarnya mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Tuh kan, berarti bukan tentang bom, kan?

Apakah nantinya kita hanya mempelajari Fisika? Hmm, bisa dibilang, teknik nuklir adalah turunan dari ilmu Fisika untuk bidang nuklir. Tapi, bukan berarti nanti kamu hanya mempelajari Fisika saja karena Teknik Nuklir juga mencakup tentang fisi nuklir, aplikasi radiasi pada kedokteran nuklir, perpindahan panas, efek limbah radioaktif, radioaktivitas lingkungan, dan lain sebagainya.

Gambaran mata kuliah yang nantinya akan kalian pelajari di jurusan ini adalah fisika atom & inti, statistika teknik, matematika teknik, metode numerik, praktik gambar teknik, termodinamika, mekanika fluida, komputasi nuklir, elektrikal pengendalian, proteksi radiasi, fisika reactor nuklir, kimia radiasi dan lain sebagainya.

Wow, mendengar mata kuliahnya saja sepertinya membuat kalian makin bersemangat bukan? Tentunya bagi kalian yang menyukai dunia teknik dan sains yaaaa.. bagi kalian yang minat nya ada di lingkup sosial atau ekonomi, jangan coba-coba untuk memilih jurusan ini deh, bikin repot orang banyak nantinya. Hahahaha.. untuk mengetahui minat dan kemampuan yang ada dalam diri kita, kalian bisa menggunakan program TES ONLINE di bidikmasadepan.com ya guys. Biar kalian ga salah pilih jurusan, soalnya kalo salah pilih jurusan, bisa bikin repot banyak orang, diulang lagi deh kalimat itu, abis memang bener sih, ngerepotin orang tua yang nyari biaya dan ngerepotin dosen yang membimbing kalian. Heheheee..

Sebagai lulusan Teknik Nuklir, kalian bisa kerja  dimana dan bagian apa? Beberapa pekerjaan yang ada di dalam negeri yang sangat membutuhkan lulusan dari jurusan teknik nuklir adalah Pertamina, PLTN, BATAN, Batantek, perusahakan perminyakan swasta, BPPT, pertambangan, Kementerian Negara terutama pada bagian Kesehatan dan Energi, Cevron, PLN, dan dosen tentunya.

Gimana, tertarik memelih jurusan ini?

Selamat menentukan karir di masa depan ya guys.

 

#SUKSESHargaMati