FARMASI

Sebagai seorang manusia, kita tentunya tidak akan selamanya berada dalam keadaan sehat. Sekalipun kita sudah menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, ada kalanya tubuh kita pertahanannya sedang lemah dan menjadi sakit. Kalau sudah sakit, kebanyakan dari kita membutuhkan obat, kan? Penasaran gak sih gimana caranya racik-racik obat? Buat kamu yang tertarik dengan dunia obat dan ingin menjaga kondisi banyak orang agar tetap optimal, jurusan Farmasi bisa jadi rekomendasi.

Sederhananya, Farmasi memang sangat berkaitan dengan obat. Di jurusan Farmasi dipelajari tentang cara penyediaan bahan aktif (bahan mentah yang nantinya akan dijadikan obat) menjadi bentuk tertentu supaya siap digunakan sebagai obat yang nantinya bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh manusia agar tetap dalam kondisi optimal. (disarankan untuk melanjutkan baca ke artikel : Profesi Apoteker di bidikmasadepan.com)

Dalam jurusan ini, kalian akan banyak membeli tikus putih ya guys, gunanya untuk praktikum di lab. Biasanya sih, mahasiswa farmasi diminta untuk membuat racikan obat, kemudian hasil obat tersebut di uji cobakan ke tikus yang kalian beli. Tidak hanya itu, dalam praktikumnya, kalian akan diminta untuk mempelajari organ dalam binatang dengan cara membedah badan binatang tersebut. Woowww, Makin seru kan? Jangan takut ya, semuanya akan dibimbing kok oleh dosen praktikum atau asistan lab. Okey!!

Selain itu, Farmasi juga belajar ilmu-ilmu yang berkaitan dengan tubuh manusia, baik itu anatomi, fisiologi, patofisiologi, biomedik, biologi sel dan molekuler, biokimia dan patobiokimia, dan lain sebagainya. Eitss, jangan berpikir kalian akan membedah manusia lho yaaaa. hehehee

 Mata kuliah yang nanti dipelajari ada banyak, diantaranya adalah Kimia Organik, Farmasetika, Parasitologi, Mikrobiologi, Pratikum Mikrobiologi, Anatomi Fisiologi Manusia I & II, Pratikum Anatomi Fisiologi Manusia I & II, Biokimia, Kimia Analisis I & II, Pratikum Kimia Analisis I & II, Farmakognosi, Diagnostik Klinik, Metodelogi Penelitian, Kimia Zat Toksik, dll.

Lulusan dari S1 Farmasi ini nantinya akan menjadi seorang Sarjana Farmasi. Perlu waktu sekitar 2 tahun lagi untuk mengambil profesi Apoteker supaya nantinya bisa menjadi seorang Apoteker. Terus, dimana kamu bisa bekerja nantinya? Banyak dong! Kamu bisa bekerja di instansi pemerintah, layanan kesehatan, industri obat-obatan, industri makanan, industri kosmetik, industri perbekalan rumah tangga, industri jamu dan obat-obatan tradisional, riset dan pendidikan, bahkan di perdagangan. Kamu juga bisa buka Apotik sendiri, lho! 

Tertarik untuk mengambil jurusan farmasi? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati