TEKNIK GEOLOGI

Hallo, teman-teman! Gimana, sudah menentukan jurusan kuliah apa belum? Satu lagi artikel dari bidikmasadepan.com. Kali ini, kita bakal bahas soal jurusan Teknik Geologi. Udah pada tahu belum? Waah sepertinya banyak yang belum kenal ya sama jurusan satu ini. Kalau gitu, enjoy reading, ya!

Sesuai dengan namanya, jurusan Teknik Geologi ini mempelajari bumi. Cakupannya mulai dari inti bumi sampai dengan kerak bumi. Bagaimanapun juga, disiplin ilmu ini tidak bisa lepas dari ilmu dasar yang lain seperti Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika. Berbeda dengan jurusan Geologi murni, di jurusan Teknik Geologi ini akan lebih banyak kegiatan lapangan dan eksplorasi. Bidang kajian Teknik Geologi sebenarnya cukup luas. Di dalamnya juga meliputi perminyakan dan gas, pertambangan, geothermal, mitigasi bencana, dll.

Untuk dapat mempelajari itu semua, cakupan mata kuliah yang diberikan melalui jurusan ini terdiri dari Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Kimia Fisika, Kimia Analitik, Statistika Dasar, Geofisika, Geokimia, Geostatistika, Planologi, Geologi Fisik, Mineralogi, Ilmu Ukur Tanah, Petrologi, Geologi Struktur, Makropaentologi, Ekonomi Teknik, Teknologi Informasi, Petrografi, Geokomputasi, dll. Bukan hanya kemampuan ilmiah yang sangat diperlukan untuk belajar di jurusan ini. Lebih dari itu, kemampuan logika juga sangat dibutuhkan.

Meskipun belum banyak orang yang mengenal jurusan ini, lulusan Teknik Geologi sebenarnya memiliki peluang pekerjaan yang prospektif. Kamu bisa bekerja di perusahaan minyak, perusahaan pertambangan, perusahaan geoservices, supplier, pengembang pemukiman, atau departemen energi. Selain itu, kamu juga bisa menjadi konsultan atau kontraktor lho…

Gimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa setelah lulus nanti? Tenang, TES ONLINE di bidikmasadepan.com akan membantu kalian kok guys, dalam tes online itu, kemampuan dan minat kalian akan diukur, kemudian hasil dari pengukuran tersebut akan disesuaikan dengan jurusan apa yang paling cocok dengan diri kalian. Jadi tenang aja ya..

Selamat memilih karir di masa depan

 

#SUKSESHargaMati