TEKNIK KELAUTAN

Teman-teman, tahukah kamu bahwa bumi yang kita tempati ini terlihat seperti dilapisi mantel biru jika dilihat dari luar angkasa? Ya, bumi kita dijuluki planet biru karena luasnya perairan di dalamnya. Wohoooo! Selain memang indah dilihat, ternyata laut juga menyediakan sumber protein, energi, dan mineral untuk mahkluk hidup. Gak cuma itu, laut juga membantu menghasilkan setengah dari keseluruhan oksigen yang kita butuhkan, mendorong sistem cuaca, dan arus energi alami yang dibutuhkan oleh mahkluk hidup penghuni bumi. Wow! Siapa saja diantara kamu yang minat dengan kelautan? Sepertinya kamu bisa menjadikan jurusan Teknik Kelautan sebagai pilihan jurusan kuliahmu. Cek informasi lebih lanjutnya disini, ya!

By the way, laut itu apa sih? Singkatnya, laut itu adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua dengan benua lainnya. Untuk mempelajarinya secara mendalam, disiplin ilmu yang bisa ditekuni adalah oseanografi dan Teknik Kelautan. Tapi kali ini kita akan bahas mengenai Teknik kelautan ya guys.

Teknik Kelautan atau ocean engineering adalah cabang ilmu teknik yang mempelajari rekayasa lautan. Rekayasa? Iya, maksudnya adalah bahwa jurusan ini mempelajari konstruksi bangunan yang berhubungan dengan kelautan. Ada yang berhubungan dengan bidang struktur, perencanaan bangunan, manajemen pantai, perpipaan, serta energi kelautan. Intinya jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari mengenai pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan di dunia kelautan, keren, kan?

Gambaran mata kuliah yang nanti akan kamu pelajari di jurusan ini terdiri atas Mekanika Teknik, Metode Elemen Hingga, Matematika Rekayasa, Statistika Rekayasa, Mekanika Tanah, Metodelogi Penelitian, Oceanografi, Teknologi Pmrosesan Hidrokarbon, Perancangan Bangun Laut, Hidrodinamika, Proses Pantai, Struktur Pantai, Kelelahan dan Mekanika Kepecahan, Hidrodinamika Eksperimen, Aerodinamika, Perancangan Pipa Bawa Laut, Pemodelan Fisik dan Numerik, dll.

Sebagai seorang sarjana Teknik Kelautan, kamu bisa kerja dimana saja sih? Great question! Setelah lulus nanti, kamu memiliki peluang untuk bekerja di Departemen Kelautan dan Perikanan, Dirjen Minyak dan Gas, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS), Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPGL), industri rancang-bangun perkapalan, konservasi kawasan pesisir dan lingkungan laut, atau bahkan menjadi seorang konsultan teknik atau kontraktor kelautan.

Gimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa setelah lulus nanti? Tenang, TES ONLINE di bidikmasadepan.com akan membantu kalian kok guys, dalam tes online itu, kemampuan dan minat kalian akan diukur, kemudian hasil dari pengukuran tersebut akan disesuaikan dengan jurusan apa yang paling cocok dengan diri kalian. Jadi tenang aja ya..

So, what are you waiting for?

#SUKSESHargaMati