TEKNIK GEOFISIKA

Guys, ilmu yang mempelajari bumi itu ternyata banyak. Salah satu diantara yang banyak itu adalah Teknik Geofisika, ilmu yang mempelajari bumi dengan kaidah-kaidah fisika. Hmm, pasti ini cocok banget buat kamu yang suka Geografi dan hal-hal tentang kebumian, tapi juga suka belajar Fisika. Biar gak bingung, yuk baca dulu artikel ini!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Geofisika merupakan bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi bagian dalam dengan menggunakan kaidah-kaidah atau prinsip-prinsip Fisika seperti gelombang gempa, magnet bumi, struktur lapisan dalam bumi dan lain-lain. Penelitian Ilmu Geofisika bertujuan untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi, hal tersebut diteliti melalui pengukuran di atas permukaan bumi dari sifat-sifat fisika yang dimiliki oleh berbagai jenis bebatuan. Dari hasil pengukuran tersebut akan didapatkan sifat-sifat batuan dan prediksi keadaan di bawah permukaan bumi.

Tidak hanya belajar tentang teori saja ya guys, mahasiswa Teknik Geofisika akan menghabiskan banyak waktu di lapangan dan dibantu dengan beberapa alat/software yang akan membantu dan memudahkan dalam memetakan gejala-gejala yang terjadi di dalam bumi. Jadi lulusan Teknik Geofisika diharuskan juga untuk mahir dalam pengoperasian perangkat-perangkat lunak/software .

Saat terjadi bencana alam, seperti gempa atau tanah longsor, seorang sarjana Teknik Geofisika memiliki keahlian untuk melakukan mitigasi (pencegahan dan meminimalisir dampak dari sebuah bencana). Selain itu, seorang sarjana Teknik Geofisika juga harus mampu membuat pemetaan, inventarisasi dan eksplorasi sumber daya alam (minyak, gas dan mineral) dan membantu perencanaan pengembangan sebuah wilayah.

Jurusan ini biasanya ditempatkan di bawah naungan Fakultas Teknik, tapi ada juga yang memasukkannya sebagai bagian dari Geologi. Bidang kajian untuk jurusan Geofisika ini adalah udara, bumi, dan laut.

Cakupan mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari adalah, Fisika Dasar I, Kalkulus I, Pengantar Ilmu Kebumian, Kimia Dasar I, Geologi Fisik, Elektronika Dasar, Fisika Batuan, Geodinamika, Geofisika Matematika, Perambatan Gelombang, Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah, Eksplorasi Gaya Berat dan Magnetik, Elektronika Digital, Geologi Struktur, Komputasi Geofisika, Sistem Informasi Geografis, Analisa Data Digital Geofisika, Eksplorasi Geolistrik, Eksplorasi Seismik, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geostatistika, Instrumentasi Geofisika, Manajemen Eksplorasi, Mitigasi Bencana Alam, Termodinamika dan lain sebagainya.

Gimana soal prospek kerjanya? Setelah lulus sebagai sarjana Geofisika, kamu berpeluang untuk memiliki pekerjaan di bidang pemerintahan, pertambangan dan perminyakan, pendidikkan, penelitian, perbankan, teknologi informasi, atau industri Geothermal. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di BPPTK (Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kegunungapian), PVMBG (Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi), BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), Pusat Survei Geologi.

Tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati