TEKNIK INDUSTRI

Teman-teman, jenis atau pembagian ilmu teknik itu banyak banget lho.. Diantara banyaknya jenis ilmu teknik itu, salah satunya adalah Teknik Industri. Jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan teknik yang lainnya, Teknik Industri ini bisa dibilang paling muda. Gosipnya sih jurusan ini cuma buat kaum adam. Tapi tenang aja, sekarang sudah mulai banyak kok perempuan yang tergabung dan mengukir prestasi melalui jurusan ini. Supaya kamu tambah pengen kuliah di jurusan ini, baca sampai selesai, ya!

Teknik Industri atau industrial engineering merupakan percabangan dari keilmuan teknik yang tidak hanya berfokus pada mesin-mesin manufaktur, tetapi berfokus pada hal yang lebih makro yaitu sistem dari manufaktur itu sendiri. Teknik Industri juga berfokus pada perancangan, peningkatan, dan instalasi dari sistem yang terintegrasi yang terdiri atas manusia, peralatan, material, dan energi. Pada intinya, jurusan Teknik Industri mengajarkan kepada kita bagaimana membuat segala sesuatu menjadi lebih efisien, baik dari segi sistem, biaya, waktu, dll sehingga pada akhirnya bisa memberi keuntungan lebih dan menekan biaya yang dibutuhkan.

Berbeda dengan disiplin ilmu teknik yang lain yang pada umumnya bertitik berat pada Fisika, disiplin ilmu Teknik Industri ini lebih banyak didasarkan pada ilmu Matematika, ilmu sosial, serta prinsi dan metodologi teknik/rekayasa. Nantinya, kamu akan mempelajari banyak hal tentang Kalkulus, Pengantar Teknik Industri, Fisika Dasar, Menggambar Teknik, Teknologi Informatika, Praktikum Fisika Dasar, Pengantar Ilmu Ekonomi, Proses Manufaktur, Material Teknik, Mekanika Teknik, Teori Probabilitas, Ekonomi Teknik, Optimisasi, Pemodelan Sistem, Simulasi Komputer, Sistem Informasi, Elektronika Industri, dll. Perlu diingat bahwa mata kuliah yang akan kamu pelajari ini banyak menekankan pada skill atau kemampuanmu dalam menyelesaikan masalah, berpikir realistis, dan daya analisa.

Sebagai seorang sarjana Teknik Industri, bagaimana gambaran prospek kerja yang nantinya akan kamu miliki? Banyak dong! Nanti, kamu bisa menjadi seorang engineer di bidang produksi, teknologi informasi, pemasaran atau manajemen bisnis, industri manufaktur, konsultasi, atau manajemen sumber daya manusia. Selain itu kamu juga bisa menjadi dosen atau peneliti di bidang Teknik Industri.

Gimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa setelah lulus nanti? Tenang, TES ONLINE di bidikmasadepan.com akan membantu kalian kok guys, dalam tes online itu, kemampuan dan minat kalian akan diukur, kemudian hasil dari pengukuran tersebut akan disesuaikan dengan jurusan apa yang paling cocok dengan diri kalian. Jadi tenang aja ya..

Selamat memilih karir di masa depan !!!

#SUKSESHargaMati