SOSIAL EKONOMI PERTANIAN

Kawan, bolehkah jika sekarang kita sama-sama sedikit berkontemplasi? Kamu pasti ingat tentang negara kita yang disebut-sebut sebagai negara agraris. Julukan itu didapat karena dulu mata pencaharian sebagian besar masyarakat kita adalah petani, dengan sawah yang melimpah yang dimiliki oleh negeri ini. Bagaimana dengan sekarang? Masihkah kita layak dijuluki negara agraris jika banyak bahan pangan yang bahkan harus kita impor dari negara lain? Oow! Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi kita semua. Kalau begitu, adakah yang ingin berkontribusi di bidang pertanian? Kalau kamu mengangguk setuju, jurusan Sosial Ekonomi Pertanian ini bisa jadi bahan pertimbangan kalian ya guys.

Jurusan ini berada di bawah naungan Program Studi Agribisnis, namun ada juga universitas yang menempatkan jurusan ini sebagai naungan dari Fakultas Ekonomi. Secara umum, jurusan ini mempelajari bisnis, manajemen, sosial, dan pembangunan dari sudut pandang pertanian. Jurusan ini juga mengembangkan ilmu-ilmu sosial ekonomi yang melihat pertanian dari perspektif tingkah laku manusia dan kaitannya dengan keadaan secara keseluruhan, tentunya dari sudut pandang pertanian.

Biasanya, jurusan ini terbagi menjadi dua program studi, yaitu Ekonomi Pertanian atau Agribisnis, serta Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Gambaran umum mata kuliahnya terdiri atas Akutansi Manajemen, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Analisis Pertumbuhan Tanaman, Analisis Proyek Pertanian, Bakteriologi Tumbuhan, Biokimia Tanaman, Biokimia Umum, Biologi, Biologi Pertanian, Biologi Tanah, Bioteknologi Tanah, Bioteknologi Tumbuhan, Biokimia Tanaman, Biokimia Umum, Biologi Pertanian, Bioteknologi Tanah, Bioteknologi Tanaman, dll.

Setelah lulus nanti, sebagai sarjana Sosial Ekonomi Pertanian kamu memiliki peluang untuk bekerja di Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, Dinah Perindustrian dan Perdagangan, Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA), atau di Dinas Kehutanan. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di bidang perkebunan atau penelitian.

Bagaimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati