TEKNIK PERMINYAKAN

Teman-teman tau BBM ga? Bukan blackbe**y messenger ya, tapi bahan bakar minyak. Nah lho, isu bahan bakar minyak ini seringkali dibicarakan banyak orang, lho! Dari mulai masalah kenaikan harganya, keterbatasan ketersediaannya, sampai pada pendistribusiannya. Berbicara menyenai perminyakan, sebenarnya ada juga jurusan kuliahnya. Apa coba? Namanya jurusan Teknik Perminyakan. Check this out yaa!

Di jurusan Teknik Perminyakan dipelajari mengenai bagaimana terbentuknya minyak dan gas bumi di dalam perut bumi serta mencari tahu berapa banyak jumlah cadangan yang ada sehingga selanjutnya dapat diambil dan diproduksi dalam bentuk minyak mentah atau gas alam. Selain itu, seorang sarjana teknik perminyakan juga harus tahu dan mampu untuk merancang sebuah infrastruktur yang dibutuhkan untuk proses pengolahan dan penyaluran distribusi minyak yang baik agar tidak membahayakan lingkungan sekitar. Banyak peralatan dan mesin-mesin yang akan kalian pelajari di jurusan ini, seru banget deh pokoknya..

Biasanya, mahasiswa jurusan ini lebih banyak kaum adamnya daripada kamu hawa ya guys. Tapi, jurusan ini juga tidak menutup kemungkinan buat kalian para perempuan yang menyukai tantangan dan hal-hal yang maskulin. Santai aja!

Ketika kalian bisa masuk dalam jurusan ini dan sukses menjalani perkuliahan di dalamnya, sudah pasti kalian tidak akan bingung menjalani hari-hari ke depannya, karena banyak sekali perusahaan energi yang membutuhkan keahlian Teknik Perminyakan. Woooooww, siap-siap jadi calon orang sukses ya guys.. amiinnn..

Gimana, sudah mulai tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa setelah lulus nanti? Tenang, TES ONLINE di bidikmasadepan.com akan membantu kalian kok guys, dalam tes online itu, kemampuan dan minat kalian akan diukur, kemudian hasil dari pengukuran tersebut akan disesuaikan dengan jurusan apa yang paling cocok dengan diri kalian. Jadi tenang aja ya..

Mengapa sebelum memilih jurusan kuliah ini harus mengetahui kemampuan dan minat yang ada dalam diri kalian? alasannya karena ada dua hal yang harus kalian kuasai di perkuliahan ini yaitu Fisika dan Matematika. Pokoknya dua cabang ilmu itu harus diperkuat supaya kamu bisa asik belajar di jurusan ini. Secara umum, cakupan mata kuliahnya terdiri atas Analisis Numerik, Fisika Dasar, Dasar Manajemen, Geologi Dasar, Geologi Migas, Geologi Struktur, Hukum Perburuhan, Kalkulus, Kima Dasar, Matematika Teknik, Mekanika Kekuatan Material, Menggambar Teknik, Pemrogramman Komputer, Pengantar Elektronika, Pengantar Teknik Perminyakan, Peralatan Pemboran, Petrofisika, Petrologi, Stimulasi Sumur, Teknik Gas Bumi, dan lain sebagainya.

Gambaran prospek kerja untuk para lulusan Teknik Perminyakan diantaranya adalah kalian berpeluang untuk bekerja di Perusahaan Pertambangan, Lembaga Penelitian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Teknologi, BUMN, atau bahkan bisa menjadi dosen juga sebagai pekerjaan di dunia pendidikan. Waaah, tambah semangat dong ya!

Selamat memilih karir di masa depan ya guys…

#SUKSESHargaMati