TEKNIK MESIN

Kalian pernah bayangin gak sih gimana repotnya pabrik atau industri kalau gak ada alat yang namanya mesin? Pekerjaan mereka pasti jadinya lama banget kan kalau dikerjain manual. Belum lagi kualitas yang dibuat juga gak akan sama. That’s why keberadaan mesin itu jadi utama buat dunia industri. Sampai ada jurusan kuliahnya juga, lho! Namanya Teknik Mesin. Cek yuk!

Teknik mesin merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang berfokus pada industri mesin. Itulah kenapa jurusan teknik mesin pastinya berkaitan dengan mesin dong, ya! Jurusan ini mempelajari energi dan sumber daya energinya serta aplikasi dari prinsip Fisika untuk analisa, desain, manufaktur, dan pemeliharaan sistem mekanik. Gampangnya sih kalian akan mempelajari bagaimana cara membuat sebuah mesin yang dibutuhkan untuk satu keperluan industri atau keperluan sehari-hari.

Contohnya, ada sebuah pabrik yang membutuhkan mesin pemotong kertas, seorang sarjana teknik mesin harus mampu menganalisa dan membuat rancangan mesin yang dibutuhkan tersebut, mulai dari rancangan gambarnya, desain industrinya, ukuran mesinnya, alur kerja mesinnya, sampai hasil produk yang dihasilkan oleh mesin tersebut. Dengan adanya rancangan tersebut, pihak pabrik atau perusahaan akan sangat terbantu dalam pelaksanaannya, mesin itu dapat mempermudah pemotongan kertas dalam waktu yang lebih cepat dan hasil yang lebih rapih dan berkualitas.

Gimana sudah kebayang kan? Jadi teknik mesin itu tidak hanya menangani otomotif saja ya guys..

Nantinya, kalian akan belajar berbagai macam mata kuliah, diantaranya adalah Fisika, Kimia Dasar, Matematika Dasar, Menggambar Teknik, Statistika Struktur, Material Teknik Dasar, Termodinamika Dasar, Kekuatan Material, Proses Manufaktur, Menggambar Mesin, Kinematika, Elemen Mesin Dasar, Metode Numerik, Statistik Industri, Dinamika, Teknik Kontrol, dll. Tetap ya, Matematika dan Fisika masih jadi hal yang harus dikuasai oleh mahasiswa teknik. Hehe.

Sebagai lulusan Teknik Mesin, nantinya kamu akan memiliki peluang pekerjaan di bidang mesin tentunya. Bisa di industri alat berat, pengujian spesimen produksi, atau perawatan mesin. Selain itu kamu juga bisa berpeluang untuk bekerja di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) atau Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Kamu juga bisa jadi dosen atau konsultan lhoo.

Untuk menjalani kuliah di jurusan ini, kalian harus memiliki keahlian yang tinggi dalam menghitung dan menganalisa ya guys, tentunya hal tersebut akan sangat dibutuhkan ketika praktikum, kerja lapangan dan lain sebagainya. Apakah kalian memiliki kemampuan analisa yang tinggi? Jika iya, apakah jurusan ini sesuai dengan kemampuan dan minat kalian? Untuk mengetahuinya secara pasti, sangat disarankan untuk menggunakan TES ONLINE di bidikmasadepan.com ya guys. Biar ga salah pilih jurusan, repot kan kalo sudah pilih jurusan ini, eh ternyata kita ga cocok, buang-buang waktu dan biaya. Tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan bukan, kalian cuma perlu meluangkan waktu kurang lebih 70 menit kok untuk mengetahui apakah jurusan ini cocok dengan diri kalian. Keputusan masa depan ada di tangan kalian ya guys..

Selamat memilih karir di masa depan ..

 

#SUKSESHargaMati