NUTRISI & MAKANAN TERNAK

Sebagai manusia, setiap harinya kita butuh makan. Tentunya makanan yang bukan sekadar makan, tapi makanan yang harus benar-benar memenuhi kebutuhan nutrisi dalam sehari ya guys. Sama halnya dengan manusia, hewan ternak pun demikian. Siapa sangka kalau ternyata hewan ternak juga harus terpenuhi nutrisinya? Untuk mempelajari hal ini, ada satu jurusan kuliah yang memfasilitasinya. Apa coba?

Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak adalah jurusan yang mempelajari nutrisi untuk makanan ternak sehingga dapat melengkapi sel-sel dalam tubuh hewan ternak. Di dalamnya juga mempelajari persenyawaan-persenyawaan kimia yang diperlukan untuk fungsi optimum dari reaksi-reaksi kimia pada proses metabolisme. Termasuk juga proses pertumbuhan, serta produksi dan reproduksi hewan ternak. Singkatnya, disini kamu akan mempelajari makanan dan nutrisi seperti apakah yang baik untuk diberikan kepada hewan ternak dengan syarat-syarat tertentu.

Biasanya, jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Peternakan. Berkaitan dengan nutrisi dan makanan ternak, akan dipelajari melalui berbagai mata kuliah, diantaranya adalah Fisika, Kimia, Biologi, Pengantar Ilmu Peternakan, Matematika, Genetika Dasar, Biokimia, Mikrobiologi, Anatomi Dan Fisiologi Ternak, Statistik, Dasar Dasar Manajemen, Produksi Ternak Perah, Ilmu Nutrisi Ternak, Produksi Ternak Potong, Ilmu Ekonomi Peternakan, Produksi Ternak Unggas, Teknologi Hasil Ternak, Nutrisi Ternak Potong, dll. See, kamu tidak hanya belajar soal makanan dan nutrisi, tapi juga harus tau banyak tentang hal lain yang berkaitan dengan peternakan.

Setelah lulus nanti, sebagai seorang sarjana dari jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak kamu memiliki peluang untuk bekerja di Departemen Perdagangan, Pusat Pengembangan Ternak, Pusat Penelitian Ternak, Kementerian Peternakan, atau Kementerian Perindustrian. Selain itu, kamu juga bisa membuka wirausaha secara mandiri di bidang nutrisi dan makanan ternak, atau bahkan menjadi dosen.

Gimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa setelah lulus nanti? Tenang, TES ONLINE di bidikmasadepan.com akan membantu kalian kok guys, dalam tes online itu, kemampuan dan minat kalian akan diukur, kemudian hasil dari pengukuran tersebut akan disesuaikan dengan jurusan apa yang paling cocok dengan diri kalian. Jadi tenang aja ya..

Semangat ya buat kalian yang akan memilih karir di masa depan.. !!!

 

#SUKSESHargaMati