TEKNOLOGI HASIL TERNAK

Hallo, apakah kamu termasuk karnivora yang suka sekali memakan hasil ternak? Hmm, tapi sepertinya meskipun bukan karnivora kita bahkan seringkali memakan hasil ternak, bukan? Untuk memenuhi kebutuhan lemak dan protein, kita memakan daging atau ikan. Tau ga sih, ternyata ada
lho ilmu yang memang mengkaji tentang teknologi hasil ternak. Ilmu tersebut dipelajari melalui jurusan Teknologi Hasil Ternak. Let’s find out!

Pada dasarnya, jurusan Teknologi Hasil Ternak mempelajari ilmu lintas disiplin. Di dalamnya melibatkan berbagai disiplin ilmu seperti Ilmu Kimia, Biokimia, Fisika, Teknik, dan Mikrobiologi. Teknologi Hasil Ternak itu sendiri menekankan pada aspek kesegaran, penampakan, stabilitas, penghindaran dari kontaminasi, pencegahan kebusukan, serta pengembangan produk baru dari komponen hasil ternak. Semua itu tentunya melibatkan teknologi. Dengan kata lain, jurusan ini mempelajari bagaimana caranya agar teknologi dapat berperan dalam aspek-aspek terkait hasil peternakan.

Jurusan ini bisa berada di bawah naungan Fakultas Teknik, Fakultas Peternakan, atau Fakultas Pertanian dan Peternakan. Hal tersebut tergantung sistem yang ada di masing-masing universitas. Nanti, kamu akan belajar Teknologi Informatika, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Biologi, Dasar Manajemen, Statistika, Biokimia, Genetika, Fisiologi Ternak, Mikrobiologi, Teknologi Pengolahan Hasil Ternak, Ekonomi Perusahaan Peternakan, Pengendalian dan Standardisasi Mutu, Mikrobiologi Hasil Ternak, Rancangan Industri Pengolahan Hasil Ternak, Pengemasan dan Pengepakan, Agribisnis, dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang sarjana Teknologi Hasil Peternakan, kamu bisa bekerja di bidang pembibitan, penggemukan, dan pemotongan hasil ternak. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di sektor pengolahan bahan makanan, pabrik susu, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menjadi dosen atau bekerja di lembaga penelitian, lho!

Gimana guys, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa setelah lulus nanti? Tenang, TES ONLINE di bidikmasadepan.com akan membantu kalian kok, dalam tes online itu, kemampuan dan minat kalian akan diukur, kemudian hasil dari pengukuran tersebut akan disesuaikan dengan jurusan apa yang paling cocok dengan diri kalian. Jadi tenang aja ya..

Selamat menentukan karir di masa depan..

#SUKSESHargaMati