TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN

Menurutmu, sektor apakah yang memiliki peranan sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia? Okay, 100 untuk yang jawab sektor pertanian. Masih ingat kan kalau negara kita ini disebut-sebut sebagai negara agraris? Sekarang, kemajuan teknologi yang ada juga ternyata berdampak pada sektor pertanian itu sendiri. Keterlibatan teknologi salah satunya adalah dalam pengelolaan hasil pertanian. Mempelajari hal itu dapat dilakukan melalui jurusan Teknologi Hasil Pertanian.

Semakin penasaran, kan? Jadi gini, jurusan Teknologi Hasil Pertanian mempelajari penggunaan, pemeliharaan, dan pengembangan alat dan mesin untuk budidaya pertanian. Bidang ini bertumpu pada bidang ilmu teknik untuk memecahkan berbagai masalah di bidang pertanian. Secara umum, ruang lingkup Teknologi Hasil Pertanian meliputi kegiatan penanganan, pengamanan, dan pengelolaan hasil pertanian. Kalian pernah melihat buah semangka yang bentuknya kotak? Atau buah Pear yang berbentuk seperti Budha?  Itu semua adalah hasil karya jurusan Teknologi Hasil Pertanian ya guys.

Selain itu, jurusan Teknologi Hasil Pertanian mempelajari bagaimana cara merancang sebuah mesin atau alat yang dapat digunakan untuk mengolah hasil pertanian, contohnya mesin pembuat brondong jagung, atau mesin penggiling beras adalah hasil karya jurusan ini juga lhoo.

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian ini biasanya berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Pertanian. Hmm, meskipun ada kata ‘pertanian’ disana, jangan persepsikan ini dengan mencangkul atau turun ke sawah, ya! Bukan. Di masa perkuliahannya nanti kamu akan mempelajari Pengantar Teknologi Pertanian, Dasar Dasar Manajemen, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Pengetahuan Bahan Pangan, Teknologi Pengawetan Bahan Pangan, Riset Operasional, Manajemen Lingkungan, Mikrobiologi Industri, Biokimia Proses, Ekonomi Teknik, Instrumentasi Industri, Metode Ilmiah, Sistem Manajemen Mutu, Manajemen Pemasaran, Analisis Sistem, Analisis Hasil Industri, dll.

Jurusan ini juga bukan bertujuan untuk mencetak petani. Sebagai lulusan yang memiliki gelar Sarjana Teknologi Pertanian, kamu bisa berpeluang untuk bekerja di Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Badan Pertahanan Nasional, atau Balai Benih. Selain itu, kamu juga bisa memiliki pekerjaan di sektor lain yang masih berhubungan dengan pengelolaan hasil pertanian, misalnya pabrik pengolahan makanan, dll.

Bagaimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati