TEKNIK PENERBANGAN

Hallo, guys! Kita memang tinggal dan menapak jejak di darat. Tapi, bukan berarti pengetahuan kita hanya berkecimpung di hal-hal yang ada di darat saja, kan? Bagaimana dengan udara atau bahkan antariksa? Semuanya menarik, bukan? Nah, salah satu dari sekian banyak pengetahuan menarik tersebut bisa dipelajari melalui jurusan Teknik Penerbangan. Cekidot yaa !!!

Sebenarnya, berbicara soal penerbangan tidak hanya melulu soal pilot. Jurusan Teknik Penerbangan/Teknik Dirgantara atau aerospace engineering ini juga berbicara mengenai penerbangan lho. Jurusan ini adalah suatu disiplin ilmu yang didalamnya mempelajari tentang bagaimana caranya untuk mendesain, menganalisis, membuat model, dan mengujicoba pesawat terbang. Lebih jauh lagi, dipelajari juga mengenai satelit, roket, berbagai benda bergerak, dan misil. Dengan kata lain, jurusan ini mempelajari, meneliti, dan mengembangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer atau luar angkasa. Didalamnya juga mencakup perancangan, pembuatan, dan pengoperasiannya. Seru kan? 

Jurusan yang sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan fisika dan rekayasa (terutama mekanika) ini memiliki berbagai cakupan mata kuliah. Secara garis besar, kajian keilmuan Teknik Penerbangan ini dibagi menjadi kajian wahana udara dan wahana antariksa. Nanti, gambaran mata kuliah yang akan kamu pelajari adalah Fisika Dasar, Kalkulus, Metode Manufaktur, Mekanika Struktur, Pratikum Teknik Pemrogramman, Konsep Teknologi, Mekanika Fluida, Termodinamika, Kimia Dasar, Aerodinamika, Matematika Teknik, Sistem Linear, Kendali Terbang, Metode Numerik, Getaran Mekanik, Astrodinamika, dll. Uups, kamu harus bersahabat sama Matematika, ya!

Setelah lulus dari jurusan ini, nantinya kamu bukan menjadi teknisi yang bertugas memperbaiki pesawat, bukan juga sebagai pilot yang bertugas menerbangkan pesawat. Tapi, kamu bertugas untuk merancang dan merekayasa sebuah wahana terbang. Kamu bisa bekerja di bidang kedirgantaraan, bidang teknik, atau bidang akademis. Selain itu, lembaga-lembaga seperti Departemen Perhubungan, Badan Perencanaan Pembangunan Teknologi, dan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) juga memerlukan lulusan Teknik Penerbangan. Oiya, kamu juga bisa menjadi dosen atau peneliti.

Bagaimana, siapkah untuk menjadi seorang lulusan Teknik Penerbangan?

Atau masih bingung mau pilih jurusan? Tenang, TES ONLINE bidikmasadepan.com bisa bantu kamu temukan solusinya kok..

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati