SASTRA INDONESIA

Sebagai pemuda pemudi Indonesia, kamu tahu gak apa bahasa persatuan negara kita? Yup, 100 untuk yang jawab Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia ini memang bahasa ibu yang kita gunakan sehari-hari. Tapi, bukan berarti kita sudah tidak harus mempelajarinya lagi. Kita mempelajarinya dari tingkat sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi, kan? Bahkan, sebenarnya ada juga jurusan khusus di perkuliahan untuk mendalami Bahasa Indonesia ini. Read this out yaaa!

Bagi sebagian orang, jurusan Bahasa Indonesia ini memang terkesan gampang sehingga tak jarang juga dianggap remeh. Mereka lebih berbangga untuk mempelajari bahasa asing. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, Bahasa Indonesia juga memiliki banyak kelebihan dan keunikan yang tak kalah jika dibandingkan dengan bahasa asing. Bahkan, banyak orang asing yang malah ingin belajar Bahasa Indonesia. So, buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah untuk mendalami Bahasa Indonesia, ayo bangga! Bukankah sebagai warga negara kita harus mencintai bahasa sendiri?

Jurusan Bahasa Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yaitu jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Bisa dilihat dari perbedaan namanya, jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia lebih berfokus pada mempelajari tata bahasa, sejarah bahasa, dan analisis terhadap karya sastra seperti puisi, drama, dan prosa. Sedangkan, jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki fokus tambahan yaitu ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pengajaran (Pedagogi) sehingga siap untuk menjadi pengajar.

Dalam perkuliahan nanti, jenis-jenis mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ataupun Pendidikan Bahasa Indonesia biasanya terdiri atas Teori dan Estetika Sastra, Menulis, Membaca, Komputer, Linguistik Umum, Menyimak, Berbicara, Sejarah Sastra, Aliran Linguistik, Fonologi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Apresiasi Puisi, Retorika, Semantik Bahasa Indonesia, Morfologi Bahasa Indonesia, Sosiolinguistik, Analisis Wacana, Sanggar Bahasa, dll. Tambahan untuk jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, kamu juga akan mempelajari ilmu-ilmu yang terkait dengan Pedagogi seperti Pengembangan Peserta Didik, Problematik Pengajaran, Kurikulum, dll.

Lulusan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki gelar Sarjana Sastra (S.S), nantinya berpeluang untuk menjadi ahli bahasa. Lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd), nantinya berpeluang untuk menjadi tenaga pengajar. Namun, di luar dua profesi tersebut, baik jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia maupun Pendidikan Bahasa Indonesia juga berpeluang untuk dapat mejadi peneliti, konsultan, editor, wartawan, penulis, penerjemah, penyulih suara, dll.

Bagaimana, tertarik mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati