TEKNIK METALURGI

Teman-teman udah familiar belum sih sama kata ‘metalurgi’? Atau malah belum pernah dengar sama sekali? Hmm. Metalurgi adalah ilmu yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam ya guys. Biasanya, jurusan ini lebih diminati oleh laki-laki daripada perempuan. Tapi, bukan berarti perempuan ga boleh kuliah Teknik Metalurgi, lho! Bagaimana dengan kamu? Tertarik? Simak dulu ulasanya yaaa…

Jurusan Teknik Metalurgi ini berkaitan erat dengan Teknik Material. Keduanya sama dalam penerapan disiplin ilmunya. Terus bedanya apa? Bedanya, Teknik Material berfokus ke keramik sedangkan Teknik Metalurgi berfokus ke logam. Selain itu, Teknik Metalurgi juga mempelajari bagaimana proses ekstraksi logam, pembuatan paduan logam, struktur dan sifat mekanik logam.

Kebanyakan orang membayangkan kalau jurusan ini pasti belajarnya Kimia dan Fisika. Padahal, gak hanya itu. Gambaran mata kuliah di jurusan Teknik Metalurgi ini terdiri atas Kalkulus, Kimia Dasar, Dasar Komputer, Praktikum Kimia Dasar, Statistik dan Probabilitas, Fisika Dasar, Menggambar Teknik, Etika Enginering, Menggambar Teknik, Material Mutahir, Material Aditif, Elektrokimia, Metalurgi Fisik, Termodinamika Material, Teknologi Polimer, Kapita Selekta, Material Komposit, dll. See? Kamu harus kuat berhitung dan menganalisa.

Sejauh ini, belum banyak universitas atau institut di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Metalurgi. Hanya terdapat 6 universitas atau institut, yaitu ITS (Surabaya), UNJANI (Bandung), ITB (Bandung), UI (Depok), UNTIRTA (Banten), dan ITSB (Bekasi). Ayooo mau pilih yang mana?

Kamu mungkin berpikir, setelah lulus dari Teknik Metalurgi kamu bisa jadi apa sih? Tenang! Prospek kerja lulusan jurusan ini cukup beragam. Kamu bisa bekerja di lembaga penelitian, perindustrian, pembangkit energi listrik, dosen, mikroelektronik, ataupun menjadi seorang konsultan.

Keren banget kann??

Bagaimana, tertarik mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati