TEKNIK LINGKUNGAN

Guys, apa yang kamu pikirkan tentang lingkungan? Hmm, jangan mikir kejauhan. Sederhananya, lingkungan itu ya apa-apa yang ada di sekitar kamu, termasuk juga air, udara dan lain sebagainya. Sekarang ini, kita harus berhadapan dengan fakta yang menunjukkan bahwa lingkungan kita sudah tidak sebagaimana mestinya. Pencemaran dimana-mana, eksploitasi, bahkan pengrusakan juga dilakukan oleh tangan manusia. Sebagai anak muda, kamu peduli kan sama kesejahteraan lingkungan? Untuk kamu yang peduli dan ingin lebih memahaminya secara mendalam, kamu bisa lho berkuliah di jurusan yang mempelajari lingkungan. Jurusannya adalah Teknik Lingkungan. Check this out yaa!

Teknik lingkungan ini dulunya disebut Teknik Penyehatan Lingkungan. Jurusan ini biasanya berada di bawah Fakultas Teknik atau Departmen Teknik Sipil dan Perencanaan (tergantung universitas). Dulu, jurusan ini memang lebih banyak diminati oleh perempuan, tapi sekarang laki-laki juga banyak yang menaruh minat. Perempuan dan laki-laki punya kesempatan yang sama untuk ikut andil dalam pembenahan dan pengembangan lingkungan melalui jurusan ini.

Kebanyakan orang berpikir bahwa jurusan ini mempelajari bagaimana caranya meminimalisir kerusakan lingkungan. Pandangan itu gak salah sih, tapi sebenarnya jurusan ini mempelajari lebih dari itu, jurusan ini juga mempelajari bagaimana cara menangani pengelolaan limbah, menyusun rencana pencegahan kerusakan yang diakibatkan oleh manusia, merancang infrastruktur yang baik untuk lingkungan dan merancang berbagai peralatan yang dapat meminimalisir kerusakan lingkungan.

Gambaran mata kuliahnya adalah Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Teknologi Informasi, Mikrobiologi Lingkungan, Statistika Teknik Lingkungan, Fisika Lingkungan, Kimia Lingkungan, Menggambar Teknik, Mekanika Teknik, Metodologi Riset, Matematika Rekayasa, Mekanika Fluida, Laboratorium Lingkungan, Termodinamika, Satuan Proses, Plumbing (mempelajari sistem perpipaan), Drainase Lingkungan (mempelajari saluran air), dan lain sebagainya.

Setelah lulus nanti bisa kerja dimana? Sebagai seorang sarjana Teknik Lingkungan, kamu bisa bekerja di institusi-institusi yang berkaitan dengan lingkungan seperti Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Lingkungan hidup, departemen pertanian, departemen perindustrian, departemen kehutanan, atau bahkan departemen kesehatan. Terus, dengan melihat bahwa negara kita sedang gencar mengusung isu lingkungan, seharusnya kamu lebih optimis untuk masalah prospek pekerjaanmu nantinya. Kamu juga bisa jadi konsultan lingkungan, menggarap proyek-proyek yang berkaitan dengan pengembangan lingkungan, atau jadi dosen.

Bagaimana, tertarik mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati