TEKNIK KIMIA

Ilmu Kimia digabung sama Ilmu Teknik, bisa gak sih? Ya jelas bisa dong! Kamu pernah denger tentang Teknik Kimia kan? Nah lho, jadi bedanya apa sih antara jurusan Kimia (murni) dengan Teknik Kimia? Sabar, check this out!

Ilmu Kimia murni jelas beda sama Teknik Kimia. Ilmu Kimia itu lebih mempelajari tentang Kimia itu sendiri (atom, zat, unsur, molekul, senyawa, dan interaksi antar materi penyusun zat). Sedangkan, Teknik Kimia yang pada dasarnya merupakan aplikasi dari ilmu Kimia dengan menggabungkan kaidah-kaidah teknik. Jurusan ini lebih mempelajari proses-proses Kimia dan Fisika, yang nantinya akan diterapkan di bidang industri untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi supaya bisa berguna secara ekonomis. Gimana caranya? Tentunya dengan memasukkan faktor-faktor ekonomi dan sosial dalam aplikasi industrinya.

Seorang mahasiswa Teknik Kimia harus punya kemampuan analisis dan berpikir kritis (harus sering-sering nanya kenapa begini, kenapa begitu). Di dalam perkuliahannya nanti, kamu akan belajar banyak hal tentang Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Kimia Organik, Kimia Analisa, Pengantar Industri Kimia, Matematika Teknik Kimia, Azas Teknik Kimia, Teknik Energi, Kimia Fisika, Operasi Teknik Kimia, Termodinamika Teknik Kimia, Mikrobiologi Industri, Teknik Reaksi Kimia, Dinamika Proses, Pengendalian Proses, Ekonomi Teknik, Manajemen Pabrik Kimia, dll.

Prospek kerja lulusan Teknik Kimia ini luas banget. Banyak industri yang memerlukan lulusan Teknik Kimia, seperti industri makanan, minuman dan obat-batan. Kamu juga bisa bekerja di Departemen Energi, Departemen Perindustrian, Departemen Lingkungan Hidup, Lembaga Penelitian, atau di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa jadi dosen. Atau, kalau kamu melanjutkan studi, kamu juga bisa jadi konsultan industri.

Bagaimana, tertarik mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati