OSEANOGRAFI

Indonesia yang kita banggakan punya wilayah laut yang sangat luas. Itulah kenapa negara kita punya sebutan negara maritim. Buat kalian yang tertarik dan suka banget sama laut, samudera, dan perairan-perairan lainnya, jurusan Oseanografi bisa jadi pilihan untuk perkuliahan kalian ya guys.

Sesuai dengan namanya, Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai samudera atau lautan dengan berbagai proses di dalamnya. Secara umum, Oseanografi ini dibagi jadi 4 jenis, ada Oseanografi Fisik, Oseanografi Kimia, Oseanografi Biologi, dan Oseanografi Geologi. Apa sih itu?

Oseanografi Fisik khusus mempelajari segala sifat dan karakteristik fisik yang membangun sistem fluida laut dan perairan. Oseanografi Kimia khusus mempelajari macam-macam proses aksi dan reaksi antarunsur, molekul, atau campuran dalam sistem samudera yang menyebabkan perubahan zat. Sedangkan, Oseanografi Biologi lebih mempelajari sisi hayati samudera untuk mengungkap berbagai siklus kehidupan organisme yang hidup di atau dari samudera. Terakhir, Oseanografi Geologi memfokuskan pada bangunan dasar samudera yang berkaitan dengan stuktur evolusi cekungan samudera.

Apapun jenis Oseanografinya, intinya kamu akan banyak belajar soal laut, samudera, dan perairan.

Ketika kuliah di jurusan Oseanografi, kamu akan banyak belajar mata kuliah yang berhubungan dengan seluk-beluk Oseanografi, diantaranya ada Matematika Dasar, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Pengantar Oseanografi, Fisika Matematik, Kompulasi Oseanografi, Mekanika Fluida, Dasar-dasar Geologi, Metode Numerik Oseanografi, Statistika Dasar, Hidrodinamika, Pemodelan Oseanografi, Analysis Sinyal Oseanografi, Gelombang Laut, Oseanografi Biologi dan Kimia, Selam dan Navigasi Laut, dan lain sebagainya.

 

Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja di BPPT (Badan Pengkajian dan Penelitian Teknologi), Kementrian Kelautan dan Perikanan, LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), PPPGL (Pusat Pengembangan dan Penerapan Geologi Kelautan), BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), DIHIDROS (Dinas Hidrografi-Oseanografi), Dinas/Kementrian PU (Pekerjaan Umum), menjadi dosen di Perguruan Tinggi, dll.

Gimana guys, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati