KRIMINOLOGI

Apa yang kamu pikirkan ketika pertama kali mendegar kata kriminologi? Kejahatan dan kriminalitas? Hmm, ga salah kok. Ternyata, mengenai kejahatan dan kriminalitas itu ada ilmunya, lho. Namanya Kriminologi. Kamu pasti sering dong lihat atau dengar berita tentang kejahatan dari berbagai media seperti pembunuhan, pencurian, pemerkosaan, dll? Kejahatan-kejahatan semacam itulah yang dipelajari melalui ilmu Kriminologi. Untuk kamu yang berjiwa detektif, jurusan Kriminologi ini bisa menjadi pilihan. Check this out!

Pada dasarnya, kriminologi mempelajari kejahatan sebagai gejala sosial untuk kemudian mengetahui dan mempelajari bagaimana cara mengendalikannya. Mengendalikan? Iya, kejahatan itu kan tidak bisa diberantas habis, tapi bisa dikendalikan.

Biasanya, jurusan Kriminologi ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sejauh ini, belum banyak universitas di Indonesia yang sudah menyelenggarakan departemen atau jurusan Kriminologi selain Universitas Indonesia, Universitas Islam Riau, dan Universitas Budiluhur.

Di perkuliahannya nanti, gambaran mata kuliah untuk jurusan Kriminologi ini adalah Metode Penelitian, Sosiologi Perilaku Menyimpang, Sistem Peradilan Pidana, Strategi Pencegahan Kejahatan, Kejatahan Kerah Putih, Etnografi Kejahatan Di Indonesia, Hak Asasi Manusia, Teori Penologi, Kejahatan Terencana, Kejahatan Lingkungan, Viktimologi, Kriminologi dan Pembangunan, Kejahatan Susila, Kejahatan Seksual, Teori Viktimologi, Seminar Krimonologi, Kapita Selekta Kriminologi, dll.

Maraknya kejahatan yang terjadi membuat kriminolog sebenarnya sangat diperlukan, lho. Mengapa? Karena ketika ada peristiwa kejahatan yang menarik perhatian banyak orang, mereka ingin memperoleh penjelasan-penjelasan yang lengkap dan menyeluruh. So, tunggu apa lagi?

Selain menjadi kriminolog, kamu nantinya juga bisa menjadi dosen, peneliti, atau bekerja di LSM baik itu LSM pemberdayaan masyarakat, perlindungan anak, antinarkotika, maupun LSM perlindungan perempuan. Kamu juga bisa bekerja di Badan Intelejen Negara, media massa, dll.

Bagaimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati