PEMULIAAN TANAMAN

Guys, kalian semua pasti udah sering denger dong ya kalau katanya perempuan itu identik dengan keindahan? Ya, meski tidak semua perempuan begitu, tapi rata-rata perempuan memang menyukai keindahan. Salah satu keindahan yang disukainya adalah tanaman dan bunga-bunga. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga salah satu dari perempuan yang suka tanaman dan bunga? Kabar gembiranya, ternyata ada lho jurusan kuliah yang cocok buat kamu, yaitu jurusan Pemuliaan Tanaman. Faktanya, jurusan ini gak cuma buat perempuan aja kok. So, buat kamu yang laki-laki tapi suka juga sama tanaman dan bunga mungkin bisa coba untuk mendaftar ke jurusan ini. Check this out buat informasi lebih lanjutnya yaaa!

Kamu mungkin bingung kenapa nama jurusan ini adalah Pemuliaan Tanaman. Penamaan tersebut dibuat karena jurusan ini mempelajari seni dari ilmu pengetahuan untuk menciptakan tanaman yang lebih baik. Caranya? Tentunya dengan perbaikan genetik dan penggunaan jenis-jenis bibit unggul agar terjadi peningkatan produksi tanaman.

Pada dasarnya, pemuliaan tanaman adalah kegiatan untuk mengubah susunan genetik tanaman untuk suatu tujuan tertentu. Pengubahan susunan genetik tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah hasil tanaman dan juga untuk menghasilkan kualitas tanaman yang lebih baik. Berbicara mengenai genetika, berarti erat kaitannya dengan Biologi. Yup! Jurusan ini sangat berkaitan dengan Biologi. Tapi, mata kuliahnya gak hanya Biologi doang, kok. Nanti, kamu juga akan belajar Fisika Dasar, Pratikum Fisika Dasar, Kimia Anorganik, Pratikum Kimia Anorganik, Biologi Umum, Pengantar Ilmu Pertanian, Ekonomi Pertanian, Biokimia, Pratikum Biokimia, Dasar-Dasar Genetika, Dasar-Dasar Agronomi, Dasar-Dasar Ilmu Tanah, Metodelogi Penelitian, Pengantar Bioteknologi Pertanian, Teknologi Benih, Fisiologi Tanaman, Genetika Molekuler, dll. See? Kamu gak Cuma belajar Biologi, kan. Terus, kegiatan perkuliahannya juga gak cuma di kelas, tapi juga di laboratorium.

Setelah lulus nanti, kamu bisa disebut pemulia tanaman. Bagaimana dengan prospek kerjanya? Kamu bisa bekerja di Departemen Pertanian, lembaga penelitian, BUMN, perusahaan swasta, dosen, wirausaha produksi benih, dll.

Bagaimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati