ILMU KEHUTANAN

Indonesia adalah negara yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Menurut data WWF, diantaranya ada 12% species mamalia, 7,3% species reptil dan amphibi, serta 17% species burung dari seluruh dunia. Kondisi ini nih yang bikin negara kita punya peranan penting dalam menjaga kestabilan iklim dunia. Wow! Tapi itu dulu. Sekarang, hutan kita terancam oleh penebangan liar, alih fungsi hutan jadi perkebunan atau bangunan, kebakaran hutan, eksploitasi berlebihan, dll. Memprihatinkan, ya? Buat kamu yang ingin paham tentang bagaimana caranya meningkatkan kualitas hutan, memilih jurusan Ilmu Kehutanan bisa dijadikan pilihan ya guys.

Pengelolaan hutan harus dilakukan dengan efektif dan terarah. Karenanya dibutuhkan ilmu pengetahuan di bidang kehutanan. Ilmu yang nanti kamu pelajari melalui jurusan ini adalah mengenai tumbuhan tropis, pengolahan hutan dan hasil hutan, ekosistem hutan, keseimbangan alam, dll. Untuk mempelajarinya, kamu akan bertemu dengan berbagai mata kuliah, diantaranya adalah Silvikultur (praktek pengendalian penetapan lahan, pertumbuhan, komposisi, dan kualitas hidup hutan demi memenuhi kebutuhan ekologi dan ekonomi), Ekologi Hutan, Dendrologi (ilmu mengenai pohon atau tumbuhan berkayu), Pariwisata Alam, Teknologi Pemanfaatan Hasil Hutan, Kenekaragaman Hayati, Etnobiologi (hubungan antara masyarakat dan lingkungan dengan aspek-aspe alam), Pencemaran Lingkungan, Manajemen Hutan, Agroforestri (sistem penggunaan lahan), Metodologi Penelitian, Ekonomi Sumberdaya Hutan, Pengelolan Daerah Aliran Sungai (DAS), Sistem Informasi Geografi, Kebijakan Hutan, dll.

Jurusan Ilmu Kehutanan ini nantinya dapat terbagi menjadi dua jurusan profesi kehutanan, yaitu jurusan Manajemen Hutan dan jurusan Hasil Hutan. Bedanya apa? Tentunya dari fokus kajiannya. Manajemen Hutan berfokus pada cara pengolahan hutan, sedangkan Hasil Hutan lebih mengarah pada pemanfaatan jenis tumbuhan hutan.

Bagaimana dengan prospek kerjanya? Sebagai lulusan Ilmu Kehutanan, nantinya kamu bisa bekerja di Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, BUMN, di bidang pendidikan, Pemda, PT. PERHUTANI, bank, lembaga penelitian tanaman tropis, Pelestarian dan Perlindungan Alam (PPA), atau membuka biro konsultan kehutanan.

Gimana guys, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati