ILMU TANAH

Jurusan Ilmu Tanah sepertinya memang belum begitu akrab di masyarakat. Kebanyakan mungkin juga belum pernah tahu tentang jurusan ini. Memang, tidak banyak universitas yang memiliki program studi untuk jurusan ini. Supaya jadi tahu, cek dulu artikel ini, yuk!

Jurusan ini bukan berarti mempelajari tentang penggalian tanah atau bercocok tanam. Jurusan ini sebenarnya mempelajari suatu pengkajian terhadap tanah sebagai sumber daya alam. Dalam pembelajarannya, yang jelas jurusan ini pasti akan bersentuhan langsung dengan tanah, pertanian, dan kotoran. Tapi, selalu ada pembelajaran melalui kotoran sekali pun, kan?

Umumnya, jurusan Ilmu Tanah ini berada di bawah naungan Fakultas Pertanian, tapi hal ini jelas sangat tergantung kebijakan masing-masing universitas. Bukan hanya melulu soal tanah, ilmu ini juga berkaitan dengan geografi, lingkungan, pertambangan, hidrologi (ilmu mengenai air dan pengelolaan air), agrarian (ilmu ukur tanah), dll.

Dalam ilmu ini akan dipelajari mengenai berbagai aspek tentang tanah seperti pembentukan, klasifikasi, pemetaan, dan berbagai karakteristik fisik, kimiawi, biologis, dan kesuburan tanah, sekaligus juga mempelajari mengenai pemanfaatan dan pengelolaan tanah. Keseluruhannya terangkum dalam mata kuliah yang meliputi Tanah Media Tumbuh, Minera Liat, Mineralogi Tanah, Morfologi dan Fisika Tanah, Air Tanah, Udara dan Temperatur Tanah, Bahan Organik Tanah, Biologi Tanah, Kimia Tanah Nitrogen, Kimia Tanah Fosfor, Kimia Tanah Kemasaman, Klasifikasi Tanah, dll. Perkuliahannya tidak hanya di dalam kelas atau laboratorium, sesekali kamu juga akan belajar di setting pendakian atau field trip untuk mengambil sampel tanah. Seru, bukan?

Bagaimana dengan prospek pekerjaanmu setelah lulus dari jurusan ini? Tenang! Kamu bisa bekerja di institusi-institusi pemerintahan yang berkaitan seperti Departemen Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, dll. Institusi swasta dan BUMN pun menawarkan peluang. Selain itu, kamu juga bisa menjadi dosen atau bahkan bekerja sebagai konsultan pertanian.

Gimana guys, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati