KEBIDANAN

Sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia, tentunya kita sudah akrab dengan profesi bidan. Iya kan? Bidan adalah salah satu profesi mulia di bidang kesehatan. Sekarang, sekolah-sekolah untuk menjadi bidan sudah banyak bermunculan, lho. Peminatnya siapa? Tentunya para wanita. Bagaimana dengan kamu? Buat kamu yang tertarik melanjutkan kuliah ke jurusan kebidanan, baca ini dulu yaa!

Jurusan kebidanan berkaitan dengan layanan kesehatan kandungan, fungsi-fungsi reproduksi, pengaturan kesuburan dan masa interval (siklus) kesuburan, mempersiapkan kehamilan, menolong proses melahirkan, menolong proses nifas (pasca melahirkan) dan menyusui, serta penanganan bayi baru lahir dan balita. Ilmu kebidanan ini juga menekankan usaha-usaha yang berhubungan dengan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan para calon orang tua.

Sekarang ini jurusan kebidanan ada yang merupakan jenjang D3, D4, dan juga S1. Khusus untuk jenjang S1, biasanya jurusan kebidanan ini tergabung di Fakultas Kedokteran atau Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat. Tergantung dari universitas yang bersangkutan.

Gambaran mata kuliah untuk jurusan kebidanan ini cukup beragam, diantaranya adalah Konsep Kebidanan, Asuhan Kebidanan Pada Ibu, Asuhan Kebidahan Pada Anak, Komunikasi Kebidanan, Asuhan Kebidanan Keluarga Berencana, Asuhan Kebidanan Pada Wanita Dengan Gangguan Sistem Reproduksi, Metode Penelitian Kebidanan, Gizi Ibu dan Anak, Kebidanan Komunitas, Administrasi dan Pengolahan Pelayanan KB, Pendidikan Kebidanan, Praktek Kebidanan, Dokumentasi Kebidanan, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, dll.

Jurusan kebidanan ini sangat diminati oleh orangtua. Banyak para orangtua yang menyarankan anaknya untuk memasuki jurusan kebidanan. Mengapa? Karena jurusan ini bisa mempermudah dan mempercepat mahasiswanya untuk bekerja setelah lulus. Asik, kan! Kamu ga perlu bingung, prospek kerja bidan cukup luas, kok. Setelah lulus nanti kamu bisa bekerja di Rumah Sakit, klinik, dinas kesehatan, balai pengobatan, PNS, ataupun membuka klinik bidan sendiri. Eitsss, nanti dulu, untuk buka klinik sendiri, kamu perlu menempuh pendidikan profesi dulu. Tenang, waktunya gak lama kok, hanya 2 semester. Selamat belajar!

Tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati