PERPAJAKAN

“Bayarlah pajak tepat waktu, nikmati manfaatnya” pernah mendengar kalimat itu? Kalimat yang seringkali ditampilkan melalui media cetak atau media elektronik untuk mengingatkan para individu yang sudah memiliki kewajiban membayar pajak.

Kalian pasti bertanya-tanya mengapa Negara ini mewajibkan pajak? Karena, pajak adalah salah satu  sumber pemasukan Negara, yang nantinya akan digunakan untuk membangun infrastruktur dan fasilitas umum. Contohnya, jalan raya, jembatan, rumah sakit, pengadaan transportasi masal dan lain sebagainya.

Coba bayangkan jika kalian semua tidak membayar pajak? Repotkan? Lebih repot lagi kalo pajak yang kita bayarkan dimakan oleh oknum pemerintah yang tidak bermoral dan tidak bertanggung jawab alias dikorupsi, makin repot deh. Hahahaa

Untuk menghindari hal tersebut, ilmu perpajakan sangat penting untuk dipelajari, dari mulai pencatatan, pengumpulan data, pengolahan, pengeluaran dan lain sebagainya. Tidak hanya pegawai pajak saja yang wajib mengerti akan ilmu ini, masyarakat luas pun sebaiknya mengerti akan perpajakan secara mendalam agar dapat mengawasi pengelolaan pajak bersama-sama. Sistem kelola pajak yang baik, akan berimbas kepada majunya pertumbuhan pembangunan dan berkembangnya sumber daya manusia.

D3 perpajakan, adalah salah satu jurusan yang mempelajari bagaimana mengelola perpajakan agar dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan bermanfaat. Mahasiswa jurusan ini  akan mempelajari SPT Tahunan PPh Orang Pribadi, SPT PPh Tahunan PPh Badan berdasarkan pembukuan dalam mata uang Rupiah, maupun mata uang asing (USD), SPT Masa PPh Pasal 21, SPT Masa PPh Pasal 22, SPT Masa PPh Pasal 23, SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2), dan lain sebagainya.

Prospek jurusan ini sudah tidak diragukan lagi jenjang karirnya, alias nyaris tidak ada yang menganggur. Keren banget kan? Lulusan D3 perpajakan sangat dicari oleh berbagai perusahaan BUMN maupun Swasta untuk menangani urusan perpajakan dalam perusahaan.

Gimana, tertarik mengambil jurusan ini?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys.

#SUKSESHargaMati