ILMU SOSIATRI

Ilmu Sosiatri atau saat ini dikenal sebagai jurusan Ilmu Kesejahteraan sosial, merupakan salah satu cabang dari ilmu sosial yang mempelajari hubungan antar-manusia di dalam masyarakat dalam konteks pembangunan atau pengembangan masyarakat itu sendiri.

Fokus utama kajiannya adalah pembangunan masyarakat, yakni tindakan-tindakan manusia untuk menciptakan keseimbangan hubungan antara kebutuhan (needs) dengan sumberdaya (resources) yang tersedia guna mencapai kesejahteraan baik dari segi fisik, mental maupun sosial.

Dalam pengembangannya, perhatian Ilmu Sosiatri tidak hanya terbatas pada upaya-upaya mengatasi kelainan sosial dalam kehidupan masyarakat, melainkan lebih jauh ke pasca penanganan masalah tersebut, yakni pembangunan masyarakat. Oleh karena itu, ada dua pendekatan utama yang digunakan Ilmu Sosiatri di dalam kajian tentang objek ilmunya, yakni pendekatan community organization (CO) dan community develompent (CD). 

Apabila kedua pendekatan itu dijadikan basis penilaian, maka secara substansial Ilmu Sosiatri termasuk cukup berkembang. Ilmu ini dapat disebut sebagai embrio sekaligus pioner dalam pengembangan pendekatan-pendekatan pembangunan masyarakat yang bersifat aplikatif. Pendekatan tersebut juga diadopsi oleh Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial yang lahir pada awal tahun 80-an, sebagai pendekatan utama dalam kajian-kajian tentang kesejahteraan sosial. Bahkan kurikulum yang sejak awal dikembangkan oleh Jurusan Ilmu Sosiatri juga digunakan oleh jurusan baru tersebut untuk memperkuat disiplin keilmuannya.

Memang secara kuantitatif perkembangan Ilmu Sosiatri relatif lambat. Hal ini tampak antara lain dari sedikitnya perguruan tinggi yang mengembangkan Jurusan Ilmu Sosiatri. Dan dari jumlah yang sedikit itu bahkan ada yang berubah nama menjadi Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Barangkali hanya sekedar mengubah nama, tetapi substansinya tetap pada apa yang menjadi basis Ilmu Sosiatri.

Lulusan program studi ini diharapkan mampu menguasai teori kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat, maupun memahami dan menganalisis berbagai pendekatan dalam kebijakan sosial untuk memecahkan masalah sosial, maupun menganalisis proses penyusunan strategi, implementasi, evaluasi dan monitoring kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat.

Prospek Karir Lulusan program studi Ilmu Sosiatri dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah, selain seperti Departemen Pendidikan, Departemen Tenaga Kerja, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah Daerah, lulusan juga dapat bekerja di lembaga internasional seperti UNDP, serta pada berbagai LSM yang bergerak pada bidang sosial ekonomi, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dan dosen.

Gimana guys, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati