ILMU HAMA & PENYAKIT TUMBUHAN

Hey guys, kalian tau ga sih, mengapa ada jurusan kuliah yang namanya Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan? Atau yang biasa disingkat HPT?.

Itu semua karena tumbuhan adalah salah satu bahan baku pangan yang selalu dikonsumsi oleh manusia dan hewan. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa jika tumbuhan yang dikonsumsi manusia atau hewan itu tidak baik alias terkontaminasi oleh zat, bakteri atau mitoksin yang dihasilkan oleh jamur. Maka tumbuhan tersebut tidak layak dan berbahaya untuk di konsumsi.

Penelitian menyebutkan bahwa mikotoksin adalah Komponen yang dihasilkan oleh berbagai jamur. Mikotoksin bersifat racun bagi manusia maupun hewan yang menelan atau menghirupnya. Gangguan kesehatan yang timbul karenanya di sebut dengan istilah mikotoksikosis. Inilah alasan mengapa di lahirkannya satu jurusan khusus yang menangani ilmu hama dan penyakit tumbuhan.

Iklim tropis Indonesia sangat baik bagi pertumbuhan jamur-jamur penyebab penyakit (Patogen) tumbuhan yang menghasilkan mikotoksin. Beberapa produk makanan belakangan ini telah dideteksi mengandung mikotoksin dalam konsentrasi besar. Hal ini disebabkan karena racun tersebut tidak terdegradasi walau bahan telah diolah melalui proses pemasakan atau pemanasan. Jamur penghasil mikotoksin memang mati, namun mikotoksinnya tetap ada. Bahkan, hewan ternak yang mengkonsumsi jamur penghasil mikotoksin tidak lagi aman untuk dikonsumsi manusia.

Oleh karena itu, kita harus pandai dalam menyeleksi makanan dan bahan pangan ya guys. Sebagai konsumen, hal ini tentunya memang tidak mudah. Di sinilah para sarjana lulusan Ilmu hama dan Penyakit Tumbuhan berperan besar dalam hal meminimalisir terjangkitnya tumbuhan dari berbagai jamur yang mengandung mitoksin.

Ulasan di atas adalah salah satu contoh mengenai penyakit tumbuhan, di dalam jurusan ini masih banyak lagi jenis penyakit tumbuhan yang nantinya akan kalian pelajari, selain itu kalian juga akan mempelajari jenis-jenis hama dan cara penanganannya. Pastinya akan lebih seru ya guys.

Prospek karir setelah lulus dari jurusan ini antara lain adalah bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, LIPI, Bappeda, Badan Karantina Nasional), perusahaan-perusahaan BUMN dan perusahaan swasta nasional maupun internasional.

Gimana guys, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati