SASTRA SUNDA

Tanah Priangan, identik dengan budaya sunda yang halus, lembut serta hangat untuk didengar telinga dan indah dipandang mata. Begitu banyak kesenian dan budaya sunda yang saat ini tidak diketahui oleh para generasi muda. Warisan para leluhur yang seharusnya terus dijaga dan dilestarikan, perlahan hilang peminatnya karena kalah bersaing dengan budaya asing. Sebut saja kesenian musik Angklung yang eksistensinya masih bisa bertahan hingga saat ini bahkan diakui oleh dunia seni internasional. Tetapi hal tersebut belum berhasil membius para kaula muda yang masih tergila-gila dengan budaya asing.

Untuk itu, kita sebagai generasi muda penerus bangsa sudah selayaknya memiliki kewajiban untuk terus menjaga dan melestarikan budaya dan kesenian daerah ya guys. Sebagian dari kalian pasti memiliki keinginan kuat untuk merealisasikan kewajiban tersebut. Jurusan sastra Sunda bisa menjadi pilihan kalian untuk mewujudkan mimpi bangsa yang bangga akan budaya yang telah ada.

Sebagian besar ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini adalah tata bahasa sunda , tetapi pengenalan seni, budaya dan kewilayahan sunda pun akan kalian pelajari juga. Sebab dalam jurusan ini kalian tidak hanya dilatih untuk mampu menggunakan bahasa sunda secara baik dan benar, melainkan juga diajarkan untuk membuat naskah dan menganalisa naskah yang nantinya berguna untuk kepentingan dunia pendidikan,  industri maupun sosial dan budaya.

Mata kuliah yang akan kalian temui di jurursan ini antara lain adalah Linguistik Umum, Teori Menyimak, Teori Membaca, Sejarah Sastra Lama, Sejarah Sastra Baru, Filsafat, Fonologi, Menyimak Intensif, Membaca Intensif, Sejarah Sunda, Sastra Indonesia, Morfologi, Retorika, Apresiasi Prosa dan Drama, Folklor, Estetika, Monolog, Budaya Sunda, Apresiasi Puisi, Sosiolinguistik, Kritik Sastra, Psikolinguistik dan lain sebagainya.

Lulusan sastra Sunda bisa memulai karirnya di dunia Media lho guys, bisa menjadi presenter lokal, reporter, wartawan, jurnalis, penulis, dosen, guru, karyawan swasta di berbagai perusahaan, berwiraswasta dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Gambar :

https://sirjordi.files.wordpress.com/2012/03/cepotsunda.jpg