ARKEOLOGI

Sebuah jurusan yang sangat luar biasa, mengapa luar biasa? Sedikit orang yang berminat menekuni bidang ini karena tidak paham mengenai apa yang dipelajari di dalamnya. Jurusan arkeologi mempelajari sejarah dan budaya suatu kaum, masyarakat maupun Negara yang berusia lampau atau lebih dari 50 tahun. Mempelajari masa lalu mungkin terdengar “Konyol” bagi sebagian orang. Tapi sadar tidak, masa lalu itu laksana sebuah spion yang ada di kendaraan, kita harus selalu menengok spion tersebut agar senantiasa selamat dalam perjalanan.

Begitulah kalimat yang sekiranya dapat mewakili begitu mulianya jurusan ini, dalam arkeologi akan dipelajari mengenai sejarah dan budaya masa lalu yang memiliki arti dan makna yang seharus dipahami oleh masyarakat saat ini. Begitu banyak peninggalan yang memiliki arti dan makna yang luar biasa, sebut saja berbagai macam candi, di dalamnya memiliki makna semangat juang para leluhur kita, sebuah sentuhan seni yang melahirkan mahakarya yang tidak ternilai harganya.

Intinya, para leluhur kita mengajarkan bagaimana hidup dengan mandiri tanpa bantuan bangsa lain, dengan adanya peninggalan tersebut, seharusnya kita berpikir, para leluhur kita selalu mengajarkan kita untuk bangga akan tanah air dan budaya bangsa ini. Selalu mengedepankan perdamaian, saling menghargai dan menghormati dan saling gotong royong sesama masyarakat pribumi.

Begitulah satu dari sekian juta makna yang terkandung dalam ilmu Arkeologi, selain mengambil makna dari sejarahnya, peninggalan tersebut dapat memberikan informasi mengenai kehidupan para leluhur kita jaman dahulu. Bagaimana perjalanan hidupnya, kondisi cuaca yang terjadi pada saat itu, sistem pemerintahan kerajaannya, hukum yang berlakukan saat itu, penyebaran agama, dan lain sebagainya.

Beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari jika mengambil jurusan Arkeologi adalah Pengantar Teori Arkeologi, Arkeologi Lingkungan, Paleoantropologi dan Bioantropologi, Metode Survei Arkeologi,  Etika dan Kebijakan, Metode Analisis Data, Keramologi, Paleografi Indonesia, Menulis Kreatif, Prinsip-Prinsip Penelitian Arkeologi, Ikonografi, Arkeologi Kolonial, Konservasi Arkeologi, Arkeologi Maritim, Arkeologi Arsitektur, Arkeologi Seni, Arkeologi Asia Tenggara, Peradaban Kuna, Arkeologi Sosial, Arkeologi Ekonomi, Arkeologi Pariwisata dan lain sebagainya.

Setelah kalian lulus dari jurusan Arkeologi, kalian bisa bekerja sebagai Arkeolog profesional, peneliti, konsultan di instansi pemerintahan, bekerja di Museum, Dosen, Guru, Karyawan Swasta ataupun Berwiraswasta.

Tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?

Selamat memilih karir di masa depan ya guys..

#SUKSESHargaMati